Magister Teologi

Program studi Magister Teologi telah mendapat akreditasi, selain itu juga terakreditasi oleh ATESEA (Association for Theological Education in South East Asia). STT Bethesda menjadi salah satu Center for Theological Excellence (CTE). Para pengajar adalah dosen-dosen STT Bethesda dengan gelar doktor dari berbagai disiplin ilmu teologi. Ketersediaan dosen yang berkualitas membuat program studi ini mampu menawarkan 14 konsentrasi studi, yaitu: Biblika (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru), Historika, Etika, Dogmatika, Teologi Pastoral, Pembangunan Jemaat, Hukum Gereja, Pendidikan Kristiani, Liturgika, Agama dan Masyarakat, Misiologi, Ekumenika dan Islamologi. Konsentrasi studi ini masih dapat dirinci lagi sesuai kesepakatan antara dosen pembimbing dan mahasiswa/i.

Visi:

Menjadi Perguruan Tinggi Teologi dan Pendididkan Agama Kreisten yang Berkualitas, Kontekstual dan Berintegritas.

MISI

Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan di bidang Teologi dan Pendidikan Agama Kristen yang efektif melalui Penyajian yang berbasis Kompetensi.

Melatih, Meningkatkan dan Memotivasi melalui Penyebaran dan Penerapan Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen di lingkungan Gerejawi, Sekolah dan masyarakat pada umumnya.

Melaksanakan Pengabdian Masyarakat dengan Mendedikasikan Ilmu Teologi dan Pendidikan Agama Kristen di era globalisasi dalam Masyarakat.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki tingkat pengetahuan dan pemahaman yang diandalkan dalam berteologi secara kontekstual.
  2. Menghasilkan tenaga pelayan yang mampu melakukan penelitian yang mendalam terhadap pergumulan-pergumulan teologis yang berkembang dalam ge-reja dan masyarakat.
  3. Menghasilkan tenaga pelayan yang terampil dan profesional dalam mengembangkan serta mengaktualisasikan ilmu teologi dalam kehidupan nyata gereja dan masyarakat.

KURIKULUM DAN DINAMIKA STUDI
Program studi ini diselenggarakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS) dengan jumlah yang harus dikumpulkan minimal 47 sks dalam jangka waktu minimal 2-3 tahun. Sistem pembelajaran yang dipergunakan adalah gabungan antara kuliah kelas bersama (4 mata kuliah), 2 (dua) studi terarah, studi konsentrasi, seminar penelitian, seminar proposal, dan ujian tesis.

* Pada program M.Th. – Kelas Malam, mahasiswa asal M.Min atau S1 teologi akan bergabung dengan mahasiswa asal S1 non-teologi yang telah dinyatakan lulus matrikulasi.